Pengertian SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan suatu teknik untuk optimasi dan memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking kata kunci yang diiringi dengan meningkatnya pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan.
Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang paling populer dan powerful dalam digital marketing. Penggunaan strategi yang tepat dapat meningkatkan bisnis anda, namun apabila salah, bisnis anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.Strategi ini di gunakan untuk menampilkan website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.
Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko bunga’, apabila ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO.
Masalahnya adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat. Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 hasil pencarian. Di sini adalah bagian penerapan strategi SEO.
Dalam pengaplikasian SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:
Kompetisi
Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.
Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.
Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)
Website
Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF).
Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari.
SEO Strategy
Banyak yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana mengaplikasikan strategi SEO. Tetapi perlu anda ketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.
Mereka yang menyalahgunakan pengertian SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO.
Anda HARUS mengaplikasikan White-Hat-SEO. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa professional terpercaya.
fyi, White-hat-SEO tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan.
Lebih baik anda mendiskusikan penggunaan dan pengertian SEO kepada mereka yang telah mempelajari SEO sebelumnya atau kepada kami. Karena dalam melakukannya, akan ada beberapa hal yang perlu anda mengerti hingga anda mendapatkan hasil yang baik juga.
Ilmu SEO
Bermacam-macam cara atau teknik SEO yang dapat dilakukan, dari Teknik Optimisasi OnPage atau Offpage, serta analisa website lawan dan website yang akan di Optimisasikan. Pada kesempatan selanjutnya saya akan posting mengenai Pengertian SEO On Page dan Off Page. Teknik SEO bukan ilmu yang bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll).
Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Blog SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates. Namun inti dari setiap update pastinya memberikan dampak positif bagi pemakai Search Engine.
Mengapa belajar SEO dengan Google yang menjadi patokannya? karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia. Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China. Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama. Berikut penjelasan yang diberikan oleh Matt Cutts mengenai "What are some myths about SEO?"
Bila anda memiliki website bisnis seperti jualan online, berita, jasa, bisnis garmen dan lainnya, ada baiknya anda juga mempelajari apa itu SEO. Karena website bisnis online dan SEO bila disatukan maka hasilnya akan lebih maksimal, lain halnya bila anda hanya mengandalkan website tanpa SEO. Tips sederhana mengembangkan website bisnis adalah dengan mengandalkan optimasi SEO On Page terlebih dahulu. Bangun blog pada website bisnis dengan memberikan informasi menarik mengenai perusahaan, trend terkini, tips trik, dan berbagai informasi lainnya.
Manfaat SEO
Setelah mengetahui apa itu SEO, maka sekarang akan membahas manfaat SEO bagi pemilik website. Teknik SEO sebenarnya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website anda (Sistem Kepercayaan).
Dan berikut ini adalah10 Langkah sederhana belajar SEO:
Langkah 1: Pengaturan
Selama tahap setup awal, Anda harus mempersiapkan diri untuk sukses. Seperti sebuah rumah, butuh pondasi yang kuat sebelum dibangun, begitu pula strategi SEO. Pondasi dalam hal ini terdiri dari alat-alat seperti Google Analytics, Google AdWords dan Google Webmaster Tools.
- Google Analytics akan memainkan peran utama dalam melacak dan menganalisis bagaimana pengunjung yang berinteraksi dengan situs Anda. Karena gratis dan intuitif, menjadi menjadi menu wajib kampanye SEO. Selain membuat akun dan menambahkannya ke situs Anda, Anda harus membaca tentang fitur yang ditawarkan.
- Google AdWords sangat berguna karena berkaitan dengan SEO untuk kemampuan penelitian keyword. Alat canggih ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang pengguna cari sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
- Google Webmaster Tools memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha SEO dengan mengajak Anda melihat situs Anda melalui mata Google. Toolset ini memberi Anda wawasan yang tajam tentang apa yang dilakukan halaman, di mana link yang mengarah ke sana, keyword yang bekerja dan aspek-aspek yang perlu diperbaiki. Sangat berguna untuk membaca Panduan Webmaster Google.
Langkah 2: Audit Situs
Jika Anda sudah memiliki situs, lakukan audit situs saat memulai SEO Anda. Setiap saat Google menjadi lebih ketat dengan aturan dan penaltinya. Cara terbaik untuk memastikan situs Anda terhindar dari penalti adalah melakukan audit situs secara rinci. Dan untuk tahu bagaimana Audit SEO di Situs/Web Anda maka bisa baca sebelum nya artikel kami bagaimana caranya melakukan Audit SEO.
Alat untuk mengaudit situs adalah Moz Site Audit Checklist. Sebagai sumber yang dapat dipercaya, daftar rincinya sangat bagus untuk memeriksa segala sesuatu dari konten dan aksesibilitas arsitektur situs dan link internal. Pilihan lain adalah WooRank. Alat audit situs ini secara otomatis memeriksa dan menganalisa banyak item pada checklist Moz. Sementara audit situs mungkin memerlukan waktu dan energi, itu benar-benar diperlukan untuk SEO. Penalti yang ada sebelumnya menjadi lebih berat dan akhirnya hasil kerja keras Anda menjadi sia-sia.
Langkah 3: Dengan atau Tanpa WWW
Bagian yang sangat penting dari SEO tergantung pada WWW yang ada di depan alamat situs Anda. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa membuat kesalahan fatal karena ini. Orang sering ragu apakah harus mengetikkan www.domain.com atau domain.com untuk masuk ke sebuah situs. Pada intinya, ini adalah tentang bagaimana search engine melihat situs web Anda dan bagaimana link yang mengarah ke situs Anda diperlakukan. Penting untuk memilih hanya satu dari dua pilihan itu. Jika Anda memilih keduanya, search engine akan melihat situs Anda sebagai dua lokasi terpisah, ini dapat merusak peringkat dan kualitas link Anda .
Langkah 4: Penelitian Keyword
Beberapa ahli mengatakan penelitian keyword adalah bagian paling penting dari SEO. Sulit untuk diperdebatkan, karena ada banyak statistik yang mendukungnya. Jika Anda serius dengan SEO, Anda perlu melakukan penelitian keyword. Agar situs Anda terpilih dari milyaran permintaan pencarian Google per bulan, Anda harus tepat mengoptimasikannya. Dengan penelitian keyword, akan mudah memperoleh pemahaman tentang apa yang audiens cari. Berikut adalah contoh dari alat yang berguna yang dapat Anda gunakan:
- Google AdWords Keyword Planner
- Google Suggest
- Ubersuggest
- Google Trends
- Google Webmaster Tools
Langkah 5: Navigasi
Ada dua pentingnya navigasi bagi SEO. Pertama, bagi pengunjung untuk dapat menavigasi dengan lancar dan cepat menjelajahi situs Anda. Kedua, search engine harus menemukan hubungan yang jelas antara link dengan halaman.
Untuk mencapai keduanya, perlu dibangun navigasi universal. Identifikasi mengapa pengunjung datang ke situs Anda, apa yang keluar halaman utama Anda dan apa istilah pencarian yang digunakan di situs. Anda juga harus membagi produk dan halaman kunci ke dalam kategori dengan nama yang sesuai. Terakhir, tempatkan kategori tadi di navigasi universal dan jaga agar tetap sederhana. Jika Anda menggunakan drop down menu, harus dalam HTML agar search engine membacanya. Jika halaman produk Anda memiliki lebih dari 20 item, pertimbangkan untuk menambahkan filter bagi pengunjung untuk mempersempit pencarian mereka.
Langkah 6: Konten On-Page
Anda perlu konten berkualitas bagi pengunjung. Algoritma terbaru Google menekankan pada tulisan berkualitas dan berguna, bukan penggunaan keyword yang berat. Hindari keyword isian, hitung jumlah keyword. Cara terbaik adalah menargetkan satu frase keyword per halaman. Adapun struktur, setiap halaman harus memiliki pengaturan dan judul yang berbeda.
Langkah 7: Meta Tags
Untuk memahami nilai meta tag, Anda harus berpikir melalui mata pengguna search engine. Bila Anda mencari sesuatu, bagaimana Anda menentukan hasil untuk mengklik? Kemungkinan besar Anda menganalisis beberapa hasil pertama dan membaca beberapa kata dari judul dan deskripsi yang menyertainya. Sebagai sebuah situs, Anda hanya memiliki karakter string terbatas untuk membujuk pengguna agar mengklik hasilnya dari jutaan lain yang tersedia. Kalimat deskriptif ini dikenal sebagai meta tag.
Situs Anda akan meningkat tajam dengan meta tag. Setiap deskripsi meta harus sekitar 160 karakter dan harus mencakup frase keyword alami. Juga penting untuk menyertakan semacam panggilan untuk bertindak. Hal ini sulit untuk dicapai dengan beberapa kata serta memerlukan perencanaan dan pemikiran yang matang. Jika Anda sudah melakukan penelitian keyword dan konten situs secara efektif, semuanya akan sesuai tempatnya.
Langkah 8: Robot.txt
Robots.txt adalah file teks yang Anda masukkan di situs Anda untuk memberitahu search engine halaman mana mereka diizinkan untuk mengunjungi. Kode ini tidak wajib, tapi membantu dalam jika ada halaman yang Anda tidak inginkan untuk dimasuki robot pencari. Ibarat tanda “Jangan diganggu”. Pencuri tetap masuk jika mereka mau, tetapi kebanyakan orang tidak. Pastikan file robots.txt Anda ada di direktori utama situs Anda dan terstruktur secara tepat.
Langkah 9: Sitemap
Meski situs Anda bagus, terstruktur dengan baik, percuma jika orang tidak dapat melihatnya. Untuk mendapat jumlah maksimum traffic dan visibilitas, situs Anda harus diindeks oleh search engine dan direktori, seperti DMOZ. Jika tidak, Google, Yahoo dan Bing tidak mungkin menemukan halaman yang paling relevan di situs Anda untuk ditampilkan.
Banyak teknik dan alat yang menjanjikan situs Anda diindeks oleh search engine. Namun, memakan waktu. Cara yang paling dapat diandalkan untuk mengarahkan search engine dan pengunjung melalui konten situs Anda adalah dengan membuat sitemap. Dengan sitemap HTML, pengunjung dengan cepat dapat menavigasi situs Anda. Juga sitemap XML yang dibaca oleh search engine untuk memastikan halaman yang paling relevan dari situs Anda ditampilkan.
Langkah 10: Off-Page
Selain pekerjaan yang Anda masukkan ke dalam situs Anda, Anda perlu bekerja di luar halaman Anda. Bangun link melalui pemasaran konten, menulis blog, guest blogging, infographics, direktori situs dan alat-alat lain untuk meninggalkan jejak secara online mengarah kembali ke situs Anda. Upaya Off-page juga mencakup pemasaran sosial media. Jika digunakan dengan benar, situs seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram bisa menjadi alat bantu dalam mendapatkan traffic. Apa pun yang Anda lakukan, hindari teknik black hat SEO untuk upaya off-page.
0 Komentar